Review Lengkap Smartphone Sony Xperia Z

Sony mempertaruhkan nama besarnya dalam medan perang industri hp Android lewat product Xperia Z. Sekurang-kurangnya hingga akhir 2013, Xperia Z bakal jadi product andalan Sony untuk berkompetisi segera dengan Samsung Galaxy S4 serta HTC One. 
Hp ini sekalian menjawab pertanyaan pasar atas hadirnya hp Sony dengan processor quad-core. 
Bila Anda memikirkan Xperia masuk dalam deretan hp pandai Android paling baik th. ini, yakinkan Anda memerhatikan penjelasan ini sampai usai. Anda bakal temukan keunggulan serta kekurangannya. Baca Artikel Zenfone

Desain 
Mau hp dengan monitor besar? Xperia Z mungkin saja dapat masuk dalam daftar pilihan. Monitor seluas 5 inci beresolusi 1. 920 x 1. 080 pixel nyaman untuk melihat video, berselancar internet sampai main game. 
Mengingat ukurannya yang besar, memegang dengan dua tangan serta bernavigasi dengan dua ibu jari yaitu cara pas mengeksplorasi Xperia Z.

IMG_9884

Design Xperia Z yaitu pergantian besar dalam siklus design Sony. Selama 2012, Sony terjerat dalam design hp yang stagnan. Tidak heran bila Anda temukan sebagian design Xperia jenis lama yang terlihat sama.

IMG_9888 

Panel belakang Xperia Z terbuat dari material kaca antipecah serta anti gores yang membuatnya terlihat menawan. Material kaca juga menyelimuti sisi samping, segi bawah serta atas. Namun, material kaca ini gampang meninggalkan sisa jari, terlebih saat jari dalam situasi berkeringat.

Sony Xperia Z (6) Foto by Oik Yusuf/Kompas.com

Sony Xperia Z (5) Foto by Oik Yusuf/Kompas.com

Cuma ada dua tombol fisik di Xperia Z. Pertama, tombol daya yang tampak mencolok dengan warna perak. Ini yaitu style baru dalam industri hp global. Ke-2, tombol untuk mengatur volume. Ke-2 tombol ini ada di samping kanan. 

Xperia Z didesain tahan air serta tahan debu. Ia menyandang sertifikat IP 55 serta IP 75, suatu standard ketahanan internasional. Anda dapat mengajak hp ini menyelam di kedalaman 1 mtr. sepanjang 30 menit. Suatu nilai lebih yang mungkin saja tak diketemukan di hp premium merk lain.

Xperia Z dimasukkan ke air 

Sony Xperia Z (3) Foto by Oik Yusuf/Kompas.com

Untuk menghambat air serta debu masuk, perusahaan Jepang ini tutup rapat seluruhnya portdan slot yang ada di Xperia Z. Konektor audio di segi atas, slot MicroSD serta MicroUSB di samping kiri, dan slot SIM card di samping kanan, seluruhnya ditutup rapat supaya terlindung dari air serta debu.

Sony Xperia Z (1) Foto by Oik Yusuf/Kompas.com

Sony Xperia Z (2) Foto by Oik Yusuf/Kompas.com

Layar dan tampilan


Type monitor Xperia Z yaitu TFT yang di dukung oleh Mobile Bravia Engine 2, suatu tehnologi yang umum dipakai Sony pada tv monitor datar seri Bravia. Monitornya menghadirkan kecerahan yang sangatlah baik. Saat kecerahan ditata pada tingkat paling tinggi, warna yang dipertunjukkan monitor tak bikin mata sakit. 

Tidak seperti monitor type Super AMOLED atau Super LCD yang populer dengan kontras serta saturasi agak tinggi, kecerahan yang dipertunjukkan monitor type TFT condong lembut. 

Berdasar pada pengalaman, monitor Xperia Z berikan pengalaman kurang baik saat dilihat dari pojok tidak sama. Warna serta kecerahan tampak bagus saat mata Anda melihat lurus sejajar dengan monitor. Nah, bila mata Anda berubah sedikit ke atas-bawah atau samping kiri-kanan, kwalitas warna serta kecerahan bakal alami penurunan. 

Sony memodifikasi penampilan antarmuka Android dengan penampilan yang dimaksud Timescape. Dari penilaian KompasTekno, Sony tak sungguh-sungguh memperbarui penampilan Timescape supaya lebih inovatif.

Tampilan antarmuka Android di Xperia Z yang telah dimodifikasi Sony (1)

Tampilan antarmuka Android di Xperia Z yang telah dimodifikasi Sony (2)

Penampilan kulit Android pada hp Sony menjemukan, dan tidak ada feature yang bikin pemakai menyampaikan " Wow ". Demikian Anda mengklik menu, aplikasi serta feature ada dalam kotak dengan latar belakang transparan. Kotak ini malah bikin kaku serta meredupkan kecantikan penampilan antarmuka. 

Performa 

Performa Xperia Z merasa gegas serta tidak ada lag, lantaran ditopang oleh processor quad-coreQualcomm MDM9215M/APQ8064 1, 5GHz Krait serta RAM 2GB. Dua komponen inilah yang bertindak besar menanggung kelancaran navigasi. Demikian pula saat eksekusi aplikasi dikerjakan. Untuk sebatas buka tutup atau beralih aplikasi sangat cepat. 

KompasTekno menguji performa Xperia Z dengan aplikasi penguji kemampuan Antutu. Akhirnya, Xperia Z cetak score 19929 di Antutu.

Hasil uji performa Xperia Z dengan aplikasi Antutu

Dalam catatan bar chart Antutu, performa Xperia Z ada dibawah Samsung Galaxy S4. Tetapi, ia sukses mengungguli LG Nexus 4, Samsung Galaxy Note II, Galaxy S III serta HTC One X+. 

Seperti hp Android kelas premium biasanya, Xperia Z dapat di ajak memainkangame kelas berat. Anda tinggal tentukan game berat jenis apa yang mau dimainkan. Dengan unit pemroses grafis Adreno 320, Xperia Z dapat melayani dengan mulus. Hal sama juga diberikan saat Xperia Z digunakan untuk melihat video dengan pengertian tinggi. 

Nikmati musik dengan " headphone " 

Komponen pengeras nada ada di pojok kanan bawah, dekat dengan lekukan. Cukup disayangkan, loud speaker hp ini kurang membuahkan nada yang memuaskan. Bahkan juga dapat dimaksud mengecewakan untuk suatu hp seharga Rp 7, 5 juta. 

KompasTekno telah memutar semua type musik, dari mulai classic sampai RnB, dari The Beatles sampai Coldplay yang khas dengan ciri-ciri nada membahana. Akhirnya sama, loud speaker Xperia Z merasa payah. 

Janganlah dahulu patah semangat. Anda akan memperoleh pengalaman tidak sama bila dengarkan musik dengan headphone atau earphone. Juga sebagai satu diantara perusahaan yang konsentrasi pada bidang audio, Sony menyematkan piranti lunak Walkman di Xperia Z. Anda juga mesti aktifkan ClearAudio+ untuk memperoleh nada yang optimal. 

Hasil mengagumkan! Xperia Z dapat menghidangkan nada yang detil, seimbang serta dentuman bass yang cocok, bila dengarkan musik dengan headphone. 

Kamera 

Sony menyematkan tehnologi terbaru pada bidang kamera Xperia Z. Ia memakai sensor Sony Exmor RS dengan jumlah 13, 1MP serta dibarengi lampu kilat LED. Sedang kamera depannya menggunakan sensor Exmor R 2, 2MP. 

Kamera ini mensupport pengambilan gambar beresolusi tinggi dan video 1080p@30fps. Ia dapat menangkap peristiwa dengan cepat serta membuahkan gambar dengan cara alami. 

Aplikasi kamera Xperia Z sediakan sarana penyusunan resolusi, lampu kilat, smile shutter, focus touch, white balance, penyusunan ISO, hingga image stabiliser. Diluar itu, Anda dapat juga pilih pengambilan video dengan modus pemandangan hingga burst (feature yang dipakai untuk memphoto beberapa photo dengan cara cepat tanpa ada henti, cuma dengan menahan jari di tombol rana). 

Dalam praktiknya, seluruhnya kamera hp pasti mempunyai permasalahan dengan noise yang mengganggu detil photo, terutama bila memphoto pada malam hari serta memakai pertolongan lampu kilat. Xperia Z juga alami hal sekian. Tersebut disini foto-foto hasil kamera Xperia Z : 

Foto siang hari di luar ruangan

Xperia Z - Foto siang hari di luar ruangan (1)

Foto jarak dekat pada siang hari di luar ruangan

Xperia Z - Foto siang hari di luar ruangan (2) 

Foto di dalam ruangan dengan cahaya cukup

Xperia Z - foto di dalam ruangan dengan cahaya cukup (2)

Xperia Z - foto di dalam ruangan dengan cahaya cukup (1)

Xperia Z - Foto di dalam ruangan dengan cahaya yang berganti-ganti warna

Foto malam hari di luar ruangan tanpa bantuan lampu kilat

Xperia Z - Foto malam hari di luar ruangan 

Foto malam hari di luar ruangan dengan bantuan lampu kilat

Xperia Z - Foto malam hari di luar ruangan dengan bantuan lampu kilat 

Daya tahan baterai


Ketahanan baterai sangatlah punya pengaruh pada kesibukan Anda dalam berkomunikasi. Umpamanya, Anda yaitu orang yang aktif buka aplikasi jejaring sosial atau berbalas e-mail, mungkin saja baterai lebih cepat habis lantaran jaringan data yang selalu jalan. 

Dari pengalaman KompasTekno menggunakan Xperia Z untuk berbalas e-mail sampai terhubung jejaring sosial, hp dengan kemampuan baterai 2. 330mAh ini bertahan pada 10 hingga 11 jam. 

Sony sediakan menu Stamina Mode dalam penyusunan Power Management. Saat monitor dalam posisi mati, ia bakal hentikan mengkonsumsi data dari aplikasi yang jalan di latar belakang. Ketika itu, koneksi 3G serta WiFi akan dihentikan. 

Mungkin saja Anda bakal ajukan pertanyaan, lantas bagaimanakah dengan e-mail yang masuk? Tidak butuh cemas, lantaran e-mail serta aplikasi utama lain, seperti WhatsApp, Facebook, Path, serta Twitter, dapat selalu aktif. Langkahnya, Anda cukup mengklik menu Stamina Mode, lantas click Add Applications untuk pilih aplikasi yang aktif saat hp dalam posisi stand-by.

Fitur Stamina Mode untuk mengirit baterai Xperia Z

Kesimpulan


Sony Xperia Z dapat dikatakan sebagai satu diantara hp pandai Android paling baik di th. 2013. Hp ini unggul dari segi performa, kamera, monitor 5 inci yang nyaman di mata, hingga design menawan yang menggunakan material kaca antipecah serta anti gores. Tidak lupa, Xperia Z didesain supaya tahan pada air serta debu. 

Namun senantiasa ada dua segi dari sekeping mata duit. Ia mempunyai kekurangan dari segi penampilan antarmuka yang condong menjemukan, feature aplikasi yang umum saja, dan kwalitas loud speaker yang kurang memuaskan. 

Anda baiknya memakai headphone atau earphone bila mau dengarkan musik. Piranti lunak Walkman yang ada di Xperia Z menghidangkan nada yang detil, seimbang, serta dentuman bas yang cocok.

Spesifikasi lengkap Sony Xperia Z

Prosesor Qualcomm Snapdragon MDM9215M/APQ8064 Quad-core 1,5GHz Krait
RAM 2GB
Unit pemroses grafis Adreno 320
Memori internal 16GB
Sistem operasi Android 4.1.2 (Jelly Bean)
Layar 5 inci jenis TFT dan didukung Mobile Bravia Engine 2
Resolusi layar 1.920 x 1.080 piksel
Ketajaman layar 441 piksel per inci (ppi)
Kamera 13MP dengan LED flash
Kamera depan 2,2MP
Baterai 2.330mAh
Konektivitas GPRS, EDGE, HSPA, 3G, 4G LTE, Bluetooth, WiFi, NFC, DLNA, WiFi Hotspot, MicroUSB, MicroSIM, konektor audio 3,5mm
Bobot 146 gram
Dimensi 139 x 71 x 7,9mm
Pilihan warna hitam, putih, ungu
Harga Rp 7.499.000 

Source: http://tekno.kompas.com/

0 Response to "Review Lengkap Smartphone Sony Xperia Z"

Posting Komentar